KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN USAHA

KPBU

Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha yang selanjutnya disebut KPBU, adalah kerjasama antara pemerintah dengan badan usaha dalam menyediakan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu kepada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Menteri / Kepala Lembaga / Kepala Daerah/Badan Usaha Milik Negara/Bbadan Usaha Milik Daerah yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko diantara para pihak. Pemrakarsa KPBU dapat dilakukan oleh Pemerintah (Solicited) dimana proyek infrastruktur yang diinisiasi oleh pemerintah dan ditawarkan kepada Badan Usaha untuk dikerjasamakan Prakarsa Badan Usaha (Unsolicited), dimana suatu proyek infrastruktur yang diinisiasi oleh Badan Usaha dimana proposal yang diajukan oleh Badan Usaha harus memenuhi persyaratan kesesuaian dengan rencana induk sektor, kelayakan secara ekonomi dan finansial, serta Badan Usaha memiliki kemampuan keuangan yang memadai untuk membiayai pelaksanaan proyek yang diprakarsai. Siklus proyek KPBU terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Persiapan Proyek, Transaksi dan Manajemen Kontrak.

Perencanaan

Dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai kebutuhan penyediaan infrastuktur yang dapat dikerjasamakan dengan Badan Usaha sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kegiatan pendukung dari tahap perencanaan diantaranya kajian lingkungan hidup dan kajian social proyek.

Persiapan Proyek

Dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai kelayakan proyek menurut aspek hukum dan kelembagaan, kajian teknis, kajian ekonomi, kajian lingkungan, kajian resiko dan bentuk kerjasama yang diperlukan.

Transaksi

Dilaksanakan melalui kegiatan minat pasar(market sounding), Penetapan Lokasi, Pengadaan Badan Usaha, Penandatangan Perjanjian dan Pemenuhan Pembiayaan (financial close).

Manajemen Kontrak

Manajemen kontrak KPBU meliputi pengaturan tentang kegiatan yang dikerjasamakan dengan Badan Usaha meliputi ; kegiatan Prakontruksi, Konstruksi, Operasi dan komersial, Masa Berakhirnya Kontrak.

Profil Proyek

    Nama Proyek : Pengembangan SPAM “KUNING-AYU”
    Jual Beli Air Curah
    PAM Tirta Kamuning Kuningan dan Perumda Tirta Darma Ayu Indramayu
    Kapasitas : 405 lt/dtk
    Lokasi Proyek : Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan
    Nilai Proyek : ± 188 Milyar (Porsi Pembiayaan Equity 30% Pinjaman 70%)
    PJPK : Direktur PAM Tirta Kamuning
    Sektor : Air Minum
    Status : Tahap Penyiapan

Mata Air Telaga Nilem

Lokasi Desa Kaduela, Kec Pasawahan Kuningan.
Elevasi: +- 208 mdpl

Detail
Mata Air Telaga Remis

Lokasi Desa Kaduela, Kec Pasawahan. Kuningan
Elevasi: +- 233 mdpl

Detail
Mata Air Cisamaya

Lokasi Desa Pasawahan, Kec Pasawahan. Kuningan
Elevasi: +- 363 mdpl

Detail

PANITIA PENGADAAN BADAN USAHA PROYEK KERJA SAMA

PERUMDA AIR MINUM (PAM) TIRTA KAMUNING KABUPATEN KUNINGAN


Jl. RE. Martadinata No. 527 Ancaran, Kuningan, Jawa Barat - 45514
Telp.0232 871190; Fax. 0232 873927 email: kuning_ayu@sitirkam.com